rss

TUTORIAL 3 (Memilih Template di Blogspot)

Bagi anda yang sudah membuat blog panda blogspot dan melakukan beberapa setting, langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah memilih template. Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (Header, sidebar, Wraper, Picture, Stylesheet, dan lainnya) baik berupa file yang statis maupun file dinamis, yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi di dalam web ate blog. Seperti yang anda lihat sekarang, seperti banner di atas, warna background, kolom-kolom di atas, di samping kanan, serta semua yang anda lihat sekarang dalam blog saya adalah salah satu bentuk dari desain template.
Memilih template yang baik sesuai keinginan kita sangatlah perlu kita lakukan, karena dengan tampilan template yang baik dan menarik untuk di lihat maka akan membuat para pengunjung yang masuk ke blog kita menjadi senang untuk berlama-lama berada di blog kita, selain tentunya isi dari blog kita juga sangat menunjang.



Pada awal membuat blog, sebenarnya kita sudah diberikan perintah untuk menentukan template mana yang akan kita gunakan, namun disana pilihan template-nya masih sedikit. Nah, sekarang kita langsung menuju ke pembahasan utama, yaitu langkah-langkah memilih template blog di blogger.com :

1. Silahkan anda login terlebih dahulu seperti biasa dengan memakai user name milik anda.
2. Pada blog Dasbor anda pilih ‘Tata Letak’ (blogger baru) dan pilih ‘Template Baru’.
3. Disana terdapat lebih dari 10 template yang bisa anda pilih dan anda bisa menggunakan alternatif ‘Pratinjau atau Pratayang’ untuk sekedar memilih layout template mana yang sesuai dengan keinginan anda. Baru setelah anda yakin pilih menu ‘Simpan’.
4. Klik Menu ‘Lihat Blog’, maka template blog anda sudah jadi
5. Untuk Pemula atau pendatang baru di dunia blog (seperti saya ini nih), saya sarankan untuk memakai template ‘Minima’ terlebih dahulu, untuk memudahkan nantinya bila anda ingin mengedit format HTMLtemplate. Seperti yang anda lihat, blog saya juga menggunakan template ‘Minima’ yang sudah di edit (sesuai keinginan hati saya tentunya).

Mungkin anda pernah mengunjungi beberapa blog di internet yang menggunakan blogspot di blogger.com, akan tetapi template yang digunakan tidak ada dalam pilihan ketika memilih template. Artinya bahwa template yang di gunakan adalah template yang sudah diedit format HTML-nya atau bukan template buatan dari blogger.com sendiri. Sebab, di internet banyak sekali situs-situs atau malah blog yang memberikan template secara gratis untuk di pakai di Blogger (blogspot).
Bila anda ingin mencari dan memakai template yang lain anda bisa mengunjungi blognya Kang Rohman di http://kolom-tutorial.blogspot.com atau di situs www.o-om.com. Tapi saya sarankan agar anda ikuti benar-benar petunjuk dari mereka, jangan langsung memasang template yang anda download. Mengapa ? Format HTML yang agak berbeda dengan yang ada di blogger.com bisa membuat template default anda rusak (seperti yang pernah saya alami).
Jadi lebih baik, anda extract terlebih dahulu template yang anda download, biasanya hasilnya dalam bentuk file notepad. Baru anda perhatikan dan pelajari format HTML-nya, kemudian anda bisa copy paste format yang anda ingin masukkan ke dalam halaman edit HTML template anda. Ini adalah care instan membuat template anda menjadi lebih bervariasi tampilannya. Kalau anda ingin benar-benar belajar edit HTML, saya sarankan untuk mengedit format HTML template anda satu per satu saja. Insya Allah, saya akan mencoba untuk berusaha membuat panduan atau tutorial selanjutnya untuk anda.
SELAMAT BELAJAR.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

 

Pengikut Blog Ini