rss

TUTORIAL 9 (Pemahaman HTML)

Sebenarnya, sebelum saya menulis artikel tutorial 6 yang membahas masalah ‘Read More’, seharusnya terlebih dahulu saya membahas tutorial HTML ini. Tapi bagi teman-teman yang sudah terlanjur mempraktekkan tutorial 6 dan berhasil, artinya tutorial HTML ini cukup sebagai pengenalan bahasa HTML itu sendiri. Sehingga nantinya, bila teman-teman ingin mengedit template blog bisa lebih paham bahasa perintahnya.
Membahas masalah HTML, akan memacu semangat anda untuk mengotak-atik template blog anda. Untuk itu saya sarankan, nantinya anda harus ekstra hati-hati, lebih teliti, karena kesalahan sedikit saja akan membuat template blog anda rusak.
HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language, yang menurut saya merupakan standar bahasa pemrograman yang digunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen web atau blog, sedangkan bahasa perintah dalam mengedit HTML dikenal dengan istilah TAG.


TAG HTML
TAG ini kebanyakan dibuat berpasangan, yaitu TAG pembuka dan TAG penutup.
Misal :
<b>...</b>, untuk bold atau menebalkan huruf
<i>...</i>, untuk italic atau memiringkan huruf

TAG yang berpasangan ini bersifat overwrite, yaitu dapat menimpa(tetapi tidak menghapus) fungsi TAG yang telah ada sebelumnya. Sebagai contoh, sebuah teks yang sudah di buat miring oleh tag <i> ... </i>, dapat ditimpa oleh tag <b> ... </b> sehingga akan memberikan dua perintah yang berbeda sekaligus yakni kombinasi huruf miring dan hurup tebal.
Ilustrasi contoh :


Demikian <b><i>instruksi </i></b> yang saya berikan

maka yang akan tampil di web atau blog anda adalah :

Demikian instruksi yang saya berikan



Selain TAG yang berpasangan, ada juga tag yang tidak memerlukan pasangan, misal :

<hr>
<br>
<input>

Sebuah TAG tidaklah terpengaruh oleh besar kecilnya huruf, Jadi jika ditulis dengan huruf capital akan tetap menghasilkan fungsi yang sama.
Contoh :
<b>....</b> sama dengan <B> ....</B>

Struktur dokumen HTML
Dokumen HTML terbagi dalam tiga bagian utama, yaitu :

• HTML
Dokumen HTML diawali dengan TAG <HTML> dan di tutup dengan </HTML>, TAG, ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada browser bahwa apa yang ada dan ditulis didalamnya merupakan sebuah dokumen HTML.

• HEAD
Bagian head atau header dalam dokumen HTML diawali oleh TAG <HEAD> dan di tutup TAG </HEAD>, didalamnya terdapat judul dari dokumen, dimana di tulis dengan tag pembuka <TITLE> dan di tutup oleh tag </TITLE>.
Contoh :

title dari blog ini adalah ANDA DI PALANGKARAYA, jadi untuk tittle nya di tulis seperti ini <TITLE> ANDA DI PALANGKARAYA </TITLE>,

Pada di blogger.com, penulisan title atau judul tidak harus di tulis langsung pada tag title yang ada pada template HTML, karena pada saat awal pembuatan blog sudah tersedia format pengisian title, tapi bila anda ingin mengubahnya dapat digunakan dua alternatif tersebut. Artinya bisa melalui edit HTML dan melalui Pengaturan yang ada dalam blog. Pengisian title atau judul blog, sebaiknya dipertimbangkan baik-baik karena title atau judul merupakan hal pertama yang akan di lihat oleh search engine.
Di dalam Head atau header dapat juga digunakan TAG META. TAG META ditulis dengan tag <META>, TAG META ini memuat informasi mengenai dokumen HTML. Dengan menggunakan TAG META kita bisa memilih keyword, content, refresh, dan yang lainnya.

• BODY
Semua dokumen HTML akan tersimpan di dalam BODY, seperti teks, image, link, dan yang lainnya sebelum ditampilkan dan bisa di lihat di dalam web atau blog.
Selamat Belajar,

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

 

Pengikut Blog Ini