rss

Akupunktur Efektif Atasi Nyeri Punggung

PENGOBATAN dengan akupunktur bisa jadi merupakan cara efektif untuk menyembuhkan sakit punggung. Paling tidak, hasil penelitian di Amerka Serkat menyimpulkan begitu. Peneliti studi itu menyebutkan, sakit punggung lebih cepat disembuhkan dengan akupunktur daripada pengobatan standar. Taka peduli menggunakan tusuk gigi atau jarum sungguhan, akupunktur efektif mengatasi nyeri punggung.

Pada kebanyakan pasien, kata para peneliti, manfaat tersebut biasanya bertahan hingga setahun. “Hasil studi ini menunjukkan, kita tidak perlu benar-benar menusukkan jarum untuk mendapatkan efek yang sama,” kata dr Daniel Cherkin dari Group Health Center for Health Studies di Seattle, pemimpin studi tersebut, dalam jurnal Archives of Internal Medicine. Tim Sherman meneliti dampak jenis-jenis akupunktur lain dalam sebuah studi yang luas dan terkontrol. Mereka akan melibatkan 638 pasien nyeri punggung bawah kronis. Mereka membagi pasien menjadi beberapa kelompok. Sat kelompok mendapat terapi akupunktur standar yang diketahui efektif mengatasi nyeri punggung. Kelompok lain diberi terapi akupunktur yang dilakukan khusus untuk si pasien.
Kelompok ketiga diterapi dengan menggunakan tusuk gigi sebagai pengganti jarum. Tusuk gigi itu “ditusukkan” pada titik-titik akupunktur yang tepat tapi tidak sampai menembus kulit seperti pada akupunktur dengan jarum. Kelompok keempat diberi terapi medis standar dengan obat dan fisioterapi.
Setelah delapan pekan, hampir 60% pasien yang mendapat akupunktur sembuh. Peneliti juga menemukan, tidak ada perbedaan signifikan antara akupunktur dengan jarum atau tusuk gigi. “Pengobatan akupunktur relatif lebih aman dan merupakan cara mudah untuk mengurangi sakit punggung,” simpul Sherman.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

Arsip Blog

 

Pengikut Blog Ini