rss

Atasi Ketiak Hitam Cukup dengan Krim

Banyak wanita mengeluh ketiaknya menjadi hitam. Akibatnya, mereka tidak berani memakai baju tanpa lengan. Menurut dr Dwi Murtasistutik spKK(K), dokter spesialis kulit kelamin RSU dr Soetomo, kondisi begitu bisa diatasi bila pasien mau berobat ke dokter kulit. “Ada krim khusus untuk menghilangkan warna hitam tersebut. Namun, efek itu terjadi perlahan-lahan, tidak bisa langsung. “Bila langsung mengelupas, khawatir kulit jadi iritasi,” lanjutnya.
Karena itu, Dwi menyarankan tidak sembarangan datang ke salon kecantikan. Apalagi, bila yang mengerjakan bukan dokter spesialis kulit. Bila tak ditangani ahlinya, dikhawatirkan justru muncul masalah baru. “Maunya ketiak jadi putih, malah jadi iritasi,” imbuhnya.


Namun, apa sebetulnya penyebab munculnya warna hitam pada ketiak? Menurut Dwi, gesekan baju dengan ketiak bisa menyebabkan iritasi kronik. Selain itu, ada kemungkinan terjadi alergi terhadap bahan deodorant atau parfum yang dikenakan. “Akibatnya, ketiak jadi kemerahan. Akrena tak diperhatikan, lama-lama ketiak jadi hitam dan gosong,” papar alumnus FK Unair itu.
Kemungkinan lain karena sering digaruk. Dwi mengatakan, bulu ketiak merupakan tempat yang enak bagi bakteri untuk tumbuh. Makin panjang bulu ketiak, maki luas pula areal bakteri yang ada di sana. “Bakteri membuat ketiak jadi gatal. Itu membuat kita bereaksi dengan menggaruknya,” ucapnya. Bila terus digaruk, ketiak bisa bengkak dan terasa perih. Akhirnya, kulit ketiak jadi hitam.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

Arsip Blog

 

Pengikut Blog Ini