rss

FACEBOOK : Diharamkan ?

Berdasarkan hasil Bhatsul Masail ke-XI yang merupakan Forum Musyawarah Pondok Pesantren Puteri se-Jawa Timur yang dilaksanakan tanggal 21 Mei 2009 di Pondok Pesantren Puteri Hidayatul Mubtaid-Aat Lirboyo, menyatakan mengaramkan penggunaan facebook dalam hal-hal tertentu.
Menurut Kyai Masruhan yang merupakan Rais Lajna Bhatsul Masail Pondok Pesantren Lirboyo, Facebook bila digunakan untuk pendekatan terhadap lawan jenis hukumnya adalah haram.untuk mengetahui karakteristik lawan jenis yang akan dijadikan suami atau isteri, dalam Islam telah memberikan pedoman dan aturan sendiri. Karena itulah, tidak dibenarkan menggunakan Facebook sebagai media untuk pendekatan kepada lawan jenis. Namun apabila digunakan ‘to the point’, misalnya langsung diajak menikah itu tidak diharamkan. Facebook dinyatakan haram,terutama bila digunakan untuk bergosip dan menyebarkan kebohongan, Facebook juga haram jika pemakaiannya berbicara masalah intim secara terbuka atau mendukung perilaku yang vulgar.
Di Indonesia, untuk saat ini Facebook memang menjadi situs favorit, bahkan mengalahkan search engine atau mesin pencari yang lain seperti Google dan Yahoo. Bayangkan, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan penduduk 250 juta yang notebene 90 persen adalah umat muslim menjadi sasaran penggunaan Facebook.

Bagaimana tanggapan Facebook terhadap Fatwa Ulama Jawa Timur ini ?
Facebook secara resmi belum belum berkomentar mengenai Fatwa ini, tapi Debbie Frost sebagai juru bicara Facebook mengatakan orang yang memakai facebook itu untuk berhubungan dengan kolega maupun keluarga mereka tentang isu-isu atau masalah-masalah lokal dan dunia. Kami melihat banyak orang atau organisasi memanfaatkan Facebook untuk agenda-agenda yang positif.

Bagaimana Tanggapan Pengguna Facebook ?
Pada dasarnya, segala sesuatu yang berhubungan dengan internet membawa dampak yang positif dan dampak negatif. Dampak positif sangat jelas banyak hal yang dapat kita rasakan, kita bisa pahami tentang sesuatu hal yang terjadi diluar jangkauan komunikasi sehari-hari kita. Dampak negatif juga sangat jelas untuk kita saksikan, banyak situs-situs yang berbau pornografi, vulgar akan sangat mempengaruhi pola kehidupan kita.
Jadi kita harus kembali pada diri kita sendiri, mengontrol perilaku anak dan keluarga, mengawasi anak-anak dalam penggunaan internet, memilih dan menyarankan situs atau search engine mana yang pantas untuk kita gunakan, karena di dunia ini hanya ada dua hal yang harus kita cermati, yakni baik dan buruk. Seperti manusia ada yang berperilaku baik, ada yang berperilaku menjadi penjahat. Seperti Allah SWT, menciptakan Malaikat sebagai mahluk yang baik dan setan sebagai mahluk yang jahat, seperti Allah SWT, menciptakan binatang dan Manusia, dimana manusia memiliki sifat dari ketiga mahluk lainnya.
Kalau menurut anda semua Facebook bukanlah mesin pencari atau search engine yang baik, sebaiknya jangan menggunakan Facebook, masih banyak mesin pencari atau search engina yang lain. Tapi kalau anda menggunakan Facebook untuk hal-hal yang positif, mengapa harus mesti kita haramkan.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

Arsip Blog

 

Pengikut Blog Ini