rss

Kortikosteroid Tak Sembarangan

TAK sedikit anak bertinggi badan kurang yang merasa kurang percaya diri. Bagaimana dengan kebalikannya? Apakah ada kaitan antara tekanan psikologis dan tinggi badan? Kepala Divisi Kelas Berkebutuhan Khusus Fakultas Psikologi Ubaya Sandrawati menyatakan, pengaruh tekanan psikis dan tinggi badan tak terlalu signifikan. Apalagi, tak ada penelitian yang menjelaskan mengenai hal tersebut. “Tekanan psikologis memang mempengaruhi metabolisme tubuh. Pertumbuhan hormon jadi tak optimal. Tapi, hal itu tak sampai membuat anak tak bisa tinggi,” jelasnya.

Pengaruhnya, ungkap psikolog 43 tahun tersebut, lebih pada masalah perilaku. Anak yang mengalami tekanan psikologis biasanya gelisah atau tak berkonsentrasi belajar. Selain itu, anak yang biasanya gembira jadi pemurung. “Hal-hal tersebut membuat prestasi sekolah menurun,” katanya.
Bila anak menunjukkan gejala itu, sebaiknya segera ditanyai, bukan dimarahi. Tanyakan apa penyebab anak mengalami perubahan sikap. “Jika penyebabnya sudah diketahui, anak bisa kembali cerita dan normal seperti biasanya,” paparnya.
Menurut dr M Connie Untario SpA, masalah penyerapan makanan justru rawan mengganggu pertumbuhan. Sebab, kelainan tersebut dapat mengurangi nutrisi yang masuk. Misalnya, seorang anak yang baru menderita campak rentan mengalami diare berkepanjangan. Akibatnya, terjadi kurang gizi. “Mulanya hanya berat badan yang terpengaruh,. Namun, bila terjadi lama juga berdampak ke tinggi badan,” ungkapnya. Penyebab lain, kesalahpahaman orang tua dalam pengobatan asma. Orang tua sering mengobati anak dengan terapi kortikosteroid dalam waktu lama. Padahal, steroid dalam waktu lama beresiko cushing’s syndrome. Efeknya, anak berperawakan pendek.
“Dokter pasti tahu. Mereka hanya akan memberikan kortikosteroid sekali. Tidak akan berulang-ulang,” katanya. Karena merasa obat tersebut cespleng, orang tua sering membeli sendiri tanpa resep dokter. “Itu yang sering terjadi,” imbuhnya.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

Arsip Blog

 

Pengikut Blog Ini