rss

Menjaga Kesehatan Mata Anda

KEINDAHAN dunia dapat anda nikmati lewat mata. Lantas, bagaimana menjaga kesehatannya agar dunia dapat terus ditatap? Salah satunya dengan melakukan pemijatan di kulit kepala dan hidung. Pijat adalah salah satu teknik kuno yang dapat anda lakukan sendiri. Terapi ini merupakan cara penyembuhan yang aman, efektif, dan tanpa efek samping. Bila dilakukan sesuai prosedur. Teknik pijat, kata akupunturis Oei Gin Djing, dpat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan mata.

‘Organ tubuh manusia yang dapat dipijat untuk mengobati gangguan mata antara lain kulit kepala, sekeliling mata, hidung, telinga, dan kaki,’ ujar praktisi pijat yang berpraktik di kawasan Sunter Hijau, Jakarta Utara ini. Secara khusus Oei menjabarkan pijat kulit kepala dan pijat hidung. Berdasarkan akupuntur kulit kepala(scalp akupuntur), daerah penglihatan yang berkaitan dengan mata atau areavisual (optic area) berada di atas serebelum (otak kecil) yang terletak di bagian belakang kepala. Daerah ini, menurut Oei, sebaiknya juga dipijat saat melakukan terapi pijat untuk gangguan mata.
Letak area visual tepatnya berada di daerah sanggul atau konde. Cara menemukan lokasinya adalah dengan mengambl garis lurus dari belakang kepala sejauh 4 cm ke atas, sejajar garis tengah. Posisi area visual berada 1 cm di kiri dan kanan garis tengah tersebut. Kelainan pada daerah penglihatan ini mengindikasikan adanya penyakit pada saraf mata.

Lakukan Sendiri Pijat Kepala
a. Letakkan kedua ibu jari di pelapis dan kedelapan jari lainnya di tengah dahi. Pijat daerah tengah dahi sampai ke belakang leher di titik fung che (lokasinya di belakang leher, dalam sebuah lakukan di batas rambut), dengan ke delapan jari.
b. Letakkan kedua ibu jari di belakang leher atau di lakukan di belakang telinga. Kemudian pijat daerah visual area dengan kedelapan jari lainnya. Pemijatan dilakukan 12 menit. Boleh dilakukan setiap kali kepala dan mata terasa tidak enak.

Manfaat Dan Sifat Titik Fung Che
a. Mempertajam penglihatan, menguatkan mata saat lelah dan kabur
b. Melancarkan saraf
c. Mengusir angin dan menetralkan panas
d. Mengurangi mata nyeri dan merah, rabun senja
e. Meredakan influenza dan hidung tersumbat
f. Mengusir kaku dan nyeri di pundak dan sakit kepala
g. Menurunkan tekanan darah tinggi

Pijat Hidung
Menurut Oei, berdasarkan dokumen kuno dan uji coba di berbagai klinik akupuntur,pijat hidung sangat bermanfaat untuk meredakan gangguan pada mata. Berikut daerah di hidung yang perlu dipijat:
a. Titik Kepala dan Muka
b. Terletak di atas agris tengah hidung. Pada jarak sepertiga lebar dahi dari batas rambut depan. Lebar dahi diukur dari titik tengah garis yang menghubungkan puncak kedua alis dengan titik tengah batas rambut depan. Khasiat pijat di titik ini untuk mengatasi keluhan di daerah muka dan kepala.
c. Titik Tenggorokan
d. Terletak di pertengahan antara titik nomor 1 dan nomor 3. Khasiatnya dapat mengatasi keluhan di daerah tenggorokan, leher, dan pita suara.
e. Titik Paru-Paru Unsur Logam
f. Terletak di pertengahan antara kedua ujung alis. Paru-paru berhubungan dengan lingkungan luar melalui hidung dan berhubungan dengan usus besar. Paru-paru mendapatkan oksigen dengan perantaraan hidup yang menghirup udara.
g. Titik Jantung Unsur Api
h. Terletak di pertengahan antara kedua sudut mata dalam. Organ jantung berhubungan dengan lidah dan usus kecil.
i. Titik Hati Unsur Kayu
j. Terletak di puncak tulang hidung atau di pertengahan garis yang menghubungkan kedua puncak tulang pipi. Organ hati berhubungan dengan lingkungan luar melalui mata dan berhubungan dengan kandungan empedu. Kondisi hati yang buruk tercermin di mata. Contohnya, mata penderita hepatitis terlihat kuning.
k. Titik Limpa Unsur Tanah
l. Terletak di batas bawah tulang hidung. Limpa berhubungan dengan lingkungan luar melalui bibir dan berhubungan dengan lambung. Limpa berfungsi mengatur sel darah merah. Bila kekurangan darah, bibir penderitanya akan terlihat pucat.
m. Titik Ginjal Unsur Air
n. Berada di atas puncak hidung. Ginjal berhubungan dengan lingkungan lura melalui telinga. Baik buruknya telinga menggambarkan kondisi ginjal. Ginjal juga berhubungan dengan kandung kemih.
o. Titik Kelamin Luar
p. Terletak tepat pada batas bawah hidung. Khasiatnya mengatasi gatal-gatal pada alat kelamin.
q. Titik Yang Siang An Titik Neiyingsiang
r. Terletak di samping cuping hidung sebelah bawah sekitar 1 cm ke arah luar dan di sisi cuping hidung bagian atas. Khasiat terapi di titik ini untuk mengobati gangguan pada bola mata, hidung tersumbat, mimisan, dan hidung meler atau rhinitis.

1 comment:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

Arsip Blog

 

Pengikut Blog Ini