rss

MINUM KOPI : Pemicu Halusinasi

KAWAN atau saudara mengaku melihat hantu atau mendengar suara asing. Tanyakan, apakah dia pencandu kopi atau bukan. Menurut penelitian di Inggris, orang yang terlalu banyak minum kopi cenderung mengalami efek halusinasi.
Tim peneliti dari Universitas Dunham menyimpulkan, orang yang minum lebih dari tujuh cangkir kopi instan sehari cenderung tiga kali lipat mengalami halusinasi. Hal tersebut dibandingkan dengan orang yang hanya minum secangkir kopi sehari.

Kesimpulan itu diambil setelah mereka menyurvei 200 mahasiswa atas kebiasaan mengkonsumsi kopi dan pengalamannya melihat hal-hal mistis. “Ini langkah awal mempelajari faktor-faktor yang berhubungan dengan halusiansi secara lebih luas,: ujar Simon Jones, psikolog yang mengetuai tim penelitian tersebut.
Dia mengatakan, dari penelitian-penelitian sebelumnya, diketahui bahwa tekanan misalnya, trauma masa kecil berhubungan dengan halusiansi. Padahal, kopi pun memicunya. Hubungan antara kopi dan halusinasi diduga terkait dengan hormon kortisol.
Halusinasi timbul saat tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kotisol. Hormon tersebut dihasilkan saat seseorang stress. Konsumsi kafein juga memicu produksi horon tersebut.
Meski demikian, Jones menekankan, hubungan tersebut bukanlah hubungan sebab-akibat. Kalaupun kafein memicu halusinasi, pengaruhnya mungkin tak sebesar faktor psikologis lainnya. Tak hanya kopi yang berpengaruh. Juga, the, cokelat, dan minuman berenergi lain yang mengandung kadar kafein tinggi.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

Arsip Blog

 

Pengikut Blog Ini