rss

SQUID PROXY DI WINDOWS

Squid Proxy for Windows sangat bermanfaat bila kita ingin berselancar di dunia maya, dimana fungsi Squid Proxy itu sendiri adalah untuk menghemat pemakaian Bandwidth, menambah kecepatan browsing, atau bisa juga kita manfaatkan untuk memblokir konten-konten yang berbau pornografi. Sebenarnya  artikel tentang Squid Proxy for Windows sudah sangat banyak sekali yang membahasnya, namun disini saya hanya berusaha untuk memberikan penyegaran pemahaman, dengan harapan tutorial ini menjadi literatur yang termudah untuk dimengerti dan dicerna, sehingga penerapannya akan lebih efisien.


Mengapa Squid Proxy bisa menghemat pemakain Bandwidth dan Menambah Kecepatan Browsing ? Squid Proxy bekerja sebagai suatu sistem software yang akan menyimpan semua link atau URL yang pernah anda kunjungi, jadi ketika anda membuka link atau URL yang pernah anda kunjungi, Squid Proxy akan bekerja dan meng-upload kembali link dan URL tersebut.

Pengalaman saya, Squid Proxy for Windows ini sangat membantu akses internet terutama terhadap link atau URL yang sering kita buka. Untuk Warung Internet juga sangat cocok untuk diterapkan pada setiap komputer Client, apalagi bila digabungkan dengan Routerboard (Mikrotik).

Sebelumnya kita harus mempersiapkan bahan untuk memulai proses penerapan Squid Proxy di Windows. Jika sudah paham tentang Squid Proxy,  anda bisa langsung mendownloadnya di :

ACME Consulting

Bila anda seorang pemula dan tidak mau repot dengan konfigurasinya, maka bisa mendownload di :

MediaFire
(Tunggu beberapa saat dan pilih 'SKIP AD' untuk masuk link Download)

Berikut Langkah-Langkah Instalasi Squid :
Ektrak File RaR Squid yang anda download dari Mediafire pada direktori C, sehingga menjadi seperti ini : C:\squid
 Pada direktori D:\, buatlah sebuah folder dan beri nama cache, folder tersebut nantinya berfungsi untuk penyimpanan file yang dibaca oleh Squid.
Bukalah Menu Run dan ketik cmd, untuk membuka command prompt.
Ketikan perintah berikut pada command prompt :

cd \squid\sbin   (Tekan Enter)
squid -z    (Tekan Enter)
squid -i    (Tekan Enter)
squid    (Tekan Enter)

Perintah cd\squid\sbin, berfungsi membuka file folder squid pada direktori C.
Perintah squid -z, berfungsi untuk membuat swap direktori.
Perintah squid -i, berfungsi untuk menginstall squid
Perintah squid, berfungsi untuk menjalankan squid itu sendiri, sehingga ketika kita tekan 'enter', jika instalasi berhasil maka tidak akan muncul pesan apapun pada command prompt.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

 

Pengikut Blog Ini