rss

Hidup Sehat dengan Seks Aman

KESEHATAN merupakan dambaan setiap orang. Kekayaan, kecerdasan, kepopuleran tak ayal menjadi sirna jika tidak didukung dengan kesehatan prima. Oleh karena itulah, masalah kesehatan adalah hal paling utama yang harus mendapat perhatian. Banyak faktor yang menjadikan seseorang dapat hidup sehat. Salah satunya adalah berperilaku seks. Sumadi Atmodiharjo, Direktur Pelaksana Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kaltim mengatakan, dalam gaya hidup masayarakat saat ini, kecenderungan seseorang berperilaku seks bebas menjadi lebih tinggi. “Mengapa demikian, karena hal itu ditunjang dengan kemudahan mendapatkan kesempatan baik waktu dan tempat, jabatan, uang yang melimpah, membuat peluang berperilaku seks bebas tersebut menjadi sangat terbuka,” katanya.
Menurut Sumadi, berangkat dari berperilaku seks bebas tersebut berbagai penyakit akan timbul. Seperti gonore, sepilis, klamedia, herpes gentalis dan yang sangat menakutkan adalah HIV/AIDS.

“Untuk penderita HIV/AIDS berdasarkan data Dinas Kesehatan Kaltim, pada Desember 2008 di Kaltim telah ditemukan 952 kasus positif HIV/AIDS. Berikut sebanyak 95.200 orang diperkirakan telah terjangkit,” jelas Sumadi di Sekretariat PKBI Kaltim JL Letjend Suprapto, Sabtu (16/5) kemarin.
Ditambahkannya, penduduk usia 25-29 tahun pada 2008 sebesar 87 ribu lebih. Lantas sebanyak 38% dari jumlah itu adalah kelompok potensial untuk berperilaku seks aman maupun tidak aman.
Perkembangan penyakit AIDS di Kaltim sangat pesat. Persoalan menjadi sulit diatasi karena perilaku seks adalah suatu yang dianggap privacy, tersembunyi, dan tabu. “Kebanyakan orang masih segan membicarakan masalah yang dianggap membuka aib dan memalukan tersebut. Dampak lain dari akibat perilaku seks bebas adalah kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi, hingga kekerasan seks yang dapat menjalar kepada prostitusi, perzinaan, hingga pemerkosaan,” bebernya.
Bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat hidup sehat dengan perilaku seks bersama pasangan sah, seks aman, jauh dari bahaya penyakit menular dan HIV/AIDS, maka PKBI Kaltim akan menggelar talk show perilaku hidup sehat dengan seks aman. Kegiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Mesra Internasional Samarinda, hari Selasa (19/5) luas. Menghadirkan pembicara utama dr Darwis Toena SpKK. “Kegiatan ini kami lakukan sebagai bagian dari kegiatan PKBI. Selain kegiatan yang bersifat rutin, kami juga mengadakan kegiatan yang bersifat informative,” jelas Sumadi.

No comments:

Post a Comment

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK:

Posting Terbaru

Arsip Blog

 

Pengikut Blog Ini