Photobucket

18 Mei 2009

Intervensi Perempuan dalam
Penanggulangan Kemiskinan (2)

Tetapi definisi ini sangat kurang memadai karena tidak cukup untuk memahami realitas kemiskinan, yang dapat menjerumuskan ke kesimpulan yang salah bahwa menanggulangi kemiskinan cukup hanya dengan menyediakan bahan makanan yang memadai, dan tidak bermanfaat bagi pengambil keputusan ketika harus merumuskan kebijakan lintas sektor, bahkan bisa kontraproduktif, penyebab dasar kemiskinan adalah:

• Kegagalan kepemilikan terutama tanah dan modal;
• Terbatasnya ketersediaan bahan kebutuhan dasar, sarana dan prasarana;
• Kebijakan pembangunan yang bias perkotaan dan bias sektor;
• Adanya perbedaan kesempatan di antara anggota masyarakat dan sistem yang kurang mendukung;
• Adanya perbedaan sumber daya manusia dan perbedaan antara sektor ekonomi (ekonomi tradisional versus ekonomi modern);
• Rendahnya produktivitas dan tingkat pembentukan Modal masyarakat;
• Budaya hidup yang dikaitkan dengan kemampuan seseorang mengelola sumber daya alam dan lingkungannya;
• Tidak adanya tata pemerintah yang bersih dan baik (good governance);
• Pengelolaan sumber daya alam yang berlebihan dan tidak berwawasan lingkungan.
Kenyataan menunjukkan bahwa kemiskinan tidak bisa didefinisikan dengan sangat sederhana, karena tidak hanya berhubungan dengan kemampuan memenuhi kebutuhan material, tetapi juga sangat berkaitan dengan dimensi kehidupan manusia berikut ini: Terbatasnya kecukupan dan mutu pangan, dilihat dari stok pangan yang terbatas, rendahnya asupan kalori penduduk miskin dan buruknya status gizi bayi, anak balita dan ibu. Terbatasnya akses dan rendahnya mutu layanan kesehatan disebabkan oleh kesulitan mendapatkan layanan kesehatan dasar, rendahnya mutu layanan kesehatan dasar, kurangnya pemahaman terhadap perilaku hidup sehat, kurangnya layanan kesehatan reproduksi, jarak fasilitas layanan kesehatan yang jauh, biaya perawatan dan pengobatan yang mahal. Di sisi lain, utilisasi rumah sakit masih didominasi oleh golongan mampu, sedang masyarakat miskin cenderung memanfaatkan pelayanan di Puskesmas.
Demikian juga persalinan oleh tenaga kesehatan dan asuransi kesehatan sebagai suatu bentuk sistem jaminan sosial pada penduduk miskin. Terbatasnya akses dan rendahnya mutu layanan pendidikan yang disebabkan oleh kesenjangan biaya pendidikan, fasilitas pendidikan ynag terbatas, kesempatan memperoleh pendidikan yang terbatas. Terbatasnya kesempatan kerja dan berusaha, lemahnya perlindungan terhadap asset usaha, dan perbedaan upah serta lemahnya perlindungan kerja terutama bagi pekerja anak dan pekerja seperti buruh migrant dan pembantu rumah tangga. Terbatasnya akses layanan perumahan dan sanitasi. Masyarakat miskin yang tinggal di kawasan nelayan, pinggiran hutan, dan pertanian lahan kering kesulitan memperoleh perumahan dan lingkungan permukiman yang sehat dan layak. Satu rumah seringkali dijumpai lebih dari satu keluarga dengan fasilitas sanitasi yang kurang memadai. Terbatasnya akses terhadap air bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK: