Photobucket

21 Mei 2009

Suhu Tubuh Normal
Berkisar 37 Derajat Celsius

Keringat dikeluarkan oleh kelenjar di permukaan kulit kita. Itulah salah satu cara untuk mengeluarkan kelebihan panas. Dalam tubuh manusia terdapat mekanisme pengaturan suhu tubuh agar tetap berkisar 37 derajat Celsius, suhu yang optimal untuk aktivitas sehari-hari dan metabolisme.
Banyak kondisi tubuh yang berakibat pengeluaran keringat berlebih, yang biasa disebut hyperhidrosis. Penderita dengan kelebihan berat badan cenderung mengeluarkan keringat daripada mereka dengan berat badan lebih kecil.
Aktivitas fisik juga meningkatkan pelepasan keringat. Dua hal tersebut ialah efek peningkatan metabolisme dalam tubuh. Makanan tertentu dapat menimbulkan metabolisme (lemak, protein hewani). Karena itu, makanan tersebut sebaiknya dikurangi.

Selain itu, beberapa penyakit tertentu juga meningkatkan metabolisme sehingga pengeluaran keringat bertambah. Misalnya, penyakit akibat kelebihan hormon tiroid (hyperthyroidism). Gejala yang paling mudah dikenali selain cenderung mudah berkeringat, badan cenderung kurus (sulit meningkatkan berat badan) walaupun penderita hyperthyroidism banyak makan.
Mereka tidak tahan di lingkungan bersuhu panas, frekuensi BAB (buang air besar) cenderung meningkat, sering berdebar, dapat juga dengan eksoftalmus (penonjolan kedua bola mata), dan pembesaran kelenjar gondok. Untuk memastikan, dilakukan pemeriksaan hormon T3, T4, serta TSH (Thyroid Stimulating Hormone). Pada pemeriksaan, cenderung didapatkan kadar t3 dan T4 tinggi dan kadar TSH rendah.
Ada baiknya, dilihat kemungkinan hal tersebut. Sebab, terapi yang baik adalah terapi kausatif untuk menghilangkan penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give Me Your Comment, No SPAM No JUNK: